Kategori Insights

Peran Orang Tua Dalam Mendukung Persiapan Anak Masuk Kuliah

Hai ZenParents! Udah tau kan sekarang ada aturan baru seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023?  Perubahan aturan ini merupakan bagian dari transformasi pendidikan yang sebenarnya terjadi secara menyeluruh mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Tujuan dari…

Apa Bedanya Sedih Biasa dengan Depresi?

Depresi adalah sebuah penyakit yang sering dianggap remeh. Artikel ini membahas depresi secara detil, termasuk penyebabnya dan juga cara mengatasinya. Halo pembaca setia zenius blog. Gimana nih kabar Ujian Nasionalnya kemarin? Semoga hasilnya oke ya. Walaupun UN SMA 2016 udah seminggu…

Pola-Pola Sejarah dan Manfaat Mempelajarinya

Halo Sobat Zenius! Di artikel kali ini gue bakal menjelaskan alasan mengapa Sejarah itu sangat penting untuk kita pelajari.  Khususnya kalo elo masih punya pemikiran seperti ini:  Apa sih pentingnya belajar Sejarah? Nggak ada gunanya itu menghafal nama-nama tokoh dan…

Siapakah Orang Asli Pribumi Indonesia?

Benarkah suku yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Melanesia? Pertanyaan ini mungkin masih tertanam di dalam kepala para Sobat Zenius. Supaya nggak penasaran lagi, gue mau membahas asal-usul pribumi Indonesia dimulai dari manusia pendatang pertama 1,5 juta tahun yang…

Bumi Bulat atau Bumi Datar?

Halo! Di artikel blog Zenius kali ini gue akan membahas tentang bentuk bumi. Termasuk teorinya yaitu teori bumi bulat serta tandingannya nih, teori bumi datar. Akhir-akhir ini di berbagai media sosial rame banget dibahas tentang bumi yang berbentuk datar (flat earth). Gak…

Kupas Tuntas Sistem Tanam Paksa atau Cultuurstelsel

Halo Sobat Zenius, di kesempatan kali ini gue akan membahas sistem tanam paksa. Gue ajak elo cari tahu mulai dari latar belakang, tujuan, teknis pelaksanaan, lokasi, jenis tanaman yang wajib ditanam, hingga dampak dari sistem ini. Oh iya, kalo elo…